Informasi Seputar Android dan Blogging

[TIPS] [TUTORIAL] Ubah Harddisk Bekasmu Menjadi Harddisk Eksternal!



Hai gaes.
Kali ini saya akan membagikan tips tentang cara membuat HDD bekas menjadi HDD eksternal. Cara ini sering disebut dengan HDD enclosure (kalau tidak salah), yakni dengan cara menaruh HDD internal/bekas ke dalam wadah/casing. Lumayan kan daripada HDD bekas laptop/PC tidak terpakai mending dibelikan wadah/casing dan menyulapnya menjadi HDD eksternal. 

Namun sebelum membeli casing untuk HDD bekas kalian, ada baiknya kalian mengikuti tips-tips di bawah ini:    

1. Pastikan HDD internal kalian masih berfungsi!

Sebelum membeli casing, ada baiknya jika kalian mengecek apakah HDD bekas kalian masih berfungsi atau tidak. Kalian bisa mengeceknya ke komputer sebelum membeli casing untuk HDD bekas atau kalian bisa meminjam casing HDD internal teman kalian (jika ada yang punya) untuk mengeceknya.

2. Cek soket HDD bekas kalian!
HDD terdiri dari 2 jenis soket yaitu IDE (jenis lama) dan SATA (jenis baru). SATA pun memiliki 3 jenis yaitu SATA, SATA 2, dan SATA 3. Yang membedakan hanyalah kecepatan transfer data baik itu dari segi read ataupun write.

Perbedaan IDE dan SATA

3. Cek ukuran HDD bekas kalian!
HDD ada yang berukuran 2.5 inch, 3.5 Inch bahkan ada yang 5.5 Inch. Biasanya HDD 2.5 adalah HDD yang dipakai di laptop sedangkan HDD 3.5 Inch adalah HDD yang dipakai di PC Dekstop. Maka dari itu cek dulu ukuran HDD kalian agar tidak salah ukuran ketika membeli casing. Gak lucu dong kalau HDD 2.5 inch memakai casing 3.5 inch begitu juga sebaliknya.

HDD 2.5 inch

Jika ketiga poin telah terpenuhi maka kalian tinggal membelikan casing untuk HDD bekas kalian. Harga casing HDD sendiri sekitar 50k – 200k tergantung fitur, model, dan merk. Untuk harga 50k yang dijual dipasaran biasanya adalah casing yang seperti kaleng dan tidak support USB 3.0. Untuk harga <100k yang dijual dipasaran biasanya memiliki model yang lumayan bahkan bagus dan support USB 3.0. Saya sendiri memakai casing bermerk SSK yang saya tebus dengan harga 110k. Casing ini menurut saya modelnya lumayan berwarna hitam doff sehingga tidak cepat kotor, dilengkapi dengan LED indikator dan support USB 3.0. Oh iya, saya juga mendapatkan bonus kantong dalam paket penjualannya. 

Casing saya
Sebaiknya sesuaikan denga budget dan kebutuhan ketika membeli casing agar uangnya tidak mubadzir hehe. Biasanya pada paket-paket penjualan casing HDD terdiri dari casing HDD itu sendiri, kabel penghubung HDD ke Laptop/PC, obeng kecil (untuk membuka baut penutup HDD) dan bahkan ada yang menyertakan kantong dalam paket penjualan. Komplit bukan?.

Cara memasangkan HDD ke casing pun cukup mudah
  1. Buka casing HDD dengan bantuan obeng
  2. Masukkan HDD (sambungkan port HDD ke port casing)
  3. Tutup kembali casing
  4. HDD eksternal siap digunakan!

Berikut ini bukti HDD bekas saya work!

LED indikator menyala

Terdetek di Laptop

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat bagi kalian, Terimakasih!


1 Comments
This comment has been removed by the author. - Hapus