Informasi Seputar Android dan Blogging

Solusi Slot SIM Card Hybrid

Saat ini smartphone yang beredar di pasaran banyak yang menggunakan slot SIM card hybrid. Lalu apakah slot SIM card hybrid itu? slot SIM card hybrid adalah slot SIM multi fungsi dimana slot pertama untuk micro/nano SIM dan slot kedua untuk nano sim atau micro SD. Jadi pada slot kedua kita diwajibkan memilih menggunakan micro SD atau nano SIM.

ilustrasi slot sim card hybrid
Kehadiran slot SIM card hybrid ini dapat membuat galau jika kalian ingin menggunakan dual SIM tetapi kapasitas memori internal smartphonenya kecil. Di sisi lain kita juga membutuhkan dual SIM tetapi di sisi ain kita juga membutuhkan tambahan kapasitas memori. Tetapi hal tersebut tidak akan menjadi masalah jika kapasitas memori internal smartphone tergolong besar (32/64/128 GB).

Nah berikut ini ada 3 solusi mengatasi masalah kegalauan slot SIM card hybrid:

1. Menempelkan kuningan chip ke micro SD
Dengan cara ini, kita perlu mengambil/mencongkel kuningan yang ada pada SIM card. Mengambilnya harus hati-hati supaya tidak rusak. Setalah berhasil, tempelkan kuningan ke bagian bawah micro SD dan masukkan SIM tray secara perlahan ke dalam smartphone.

Credit: jinri.info
 2. Menggunakan Dual SIM Adapter/Injector
Cara ini jauh lebih simple dari cara yang pertama tetapi membutuhkan tambahan budget untuk membeli Dual SIM Adapter/Injector. Cara menggunakan alat ini cukup mudah yakni tinggal letakkan kuningan di bagian bawah micro SD kemudian masukkan SIM tray ke dalam smartphone. Kemudian pasang SIM pada slot SIM cardnya. Slot SIM card yang kedua ini terletak di luar body smartphone. Jadi kelemahan menggunakan alat ini adalah mengurangi keindahan dari body smartphone itu sendiri.

Dual SIM Adapter/Injector
3. Jangan membeli Smartphone dengan memoryi internal 16 GB
Seperti yang kita tahu dari 16 GB, tidak semuanya digunakan untuk media penyimpanan tetapi juga dibagi dengan partisi sistem. Paling-paling dari 16 GB yang tersisa hanyalah 8-12 GB.  Kecil sekali bukan untuk dijadikan media penyimpanan? Belum lagi kapasitasnya terpotong oleh aplikasi yang kita install. Saran saya carilah smartphone dengan memori internal minimal 32GB.

Itu tadi adalah solusi mengatasi kegalauan akan slot SIM card hybrid. Jika kalian berminat membeli Dual SIM Adapter/Injector, kalian bisa cek di e-commerce kesayangan kalian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terimakasih!

0 Comments