Informasi Seputar Android dan Blogging

Iniliah Manfaat Matematika Yang Belum Kalian Ketahui!

Matematika seringkali dianggap sebagai momok yang paling ditakuti siswa. Ketakutan siswa terhadap matematika lebih dikarenakan kesan pertama yang negatif terhadap matematika yang membuat siswa menjadi malas untuk mempelajarinya. Sebenarnya tidak ada yang sulit dalam mempelajari matematika selama asalkan siswa memiliki kemauan.


Namun tahukah kalian, ternyata matematika mempunyai manfaat yang tidak terduga terhadap kita. Apa sajakah itu? Simak penjelasan berikut ini!

1. Melatih kesabaran 
Matematika melatih kita untuk sabar lewat proses dalam menemukan hasil. Misal: dalam menemukan simetri putar, simetri lipat, dll.

2. Melatih konsistensi
Matematika merupakan ilmu pasti dimana jawaban dari setiap soal-soalnya pun pasti dan tidak tergantung dari sudut pandang manapun. Dari 'kepastian' itu matematika mengajarkan kita untuk selalu konsisten atau ajeg.

3.  Berpikir kritis
Seperti yang kita tahu, soal matematika menuntut daya berpikir yang ekstra untuk memahaminya. Seringkali kita menemukan soal yang harus dibaca berulang kali agar memahami maksud dari soal itu. Nah disinilah peran matematika dalam melatih kita untuk berpikir kritis.

4. Berpikir sistematis 
Matematika mengajarkan kita untuk berpikir sistematis lewat proses mencari jawaban dari soal. Seringkali kita menggunakan cara-cara yang di dalamnya terdapat urutan langkah-langkahnya. Jika cara-cara itu dikerjakan secara tidak urut, apakah bisa ketemu hasilnya? saya rasa tidak. Oleh karena itu matematika secara tidak langsung bisa engajari kita untuk berpikir sistematis.

Nah itu dia manfaat matematika yang mungkin belum kalian ketahui. Apakah kalian sudah merasakan semua manfaatnya? Semoga saja!